Quick Login

Author Topic: Manfaat Kacang Hijau  (Read 80 times)

Pincuk

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 654
  • Karma: +0/-0
    • View Profile
Manfaat Kacang Hijau
« on: December 06, 2018, 02:39:25 PM »
Ada beragam manfaat kacang hijau, terlebih dengan harga yang relatif murah, serta dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Kacang hijau dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mempercantik dan meningkat kesehatan tubuh.

Kacang hijau termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang memiliki sumber protein yang sangat baik, serta rendah lemak dan mengandung banyak serat larut dan tidak larut. Selain protein dan serat, kacang hijau juga mengandung beragam nutrisi vitamin dan mineral seperti asam folat, magnesium, karbohidrat  yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tentunya kacang hijau akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga kacang hijau baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan. Pemberian asam folat yang cukup selama masa mengandung dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah, dan bahkan memberikan perlindungan dari terlahir dengan cacat pertumbuhan sistem saraf (Neural Tube Defect) setidaknya 50%.

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa kacang hijau baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Tapi, ternyata kacang hijau juga mengandung serat makanan yang tidak hanya bagus untuk memperlancar pencernaan, tapi juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, serat makanan tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetes. Semua hal ini tercapai karena serat dari kacang hijau membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.

Manfaat kacang hijau lainnya adalah kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Siapa bilang kita tidak butuh karbohidrat? Meski seringkali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan, ternyata karbohidrat penting bagi fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot. Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung serat, sehingga manfaat karbohidrat akan dilengkapi dengan manfaat serat yang baik dalam menurunkan risiko sembelit atau konstipasi, menurunkan kadar kolesterol, dan baik untuk kesehatan usus.